CARA CERDAS MENGELOLA PIUTANG UNTUK MENGURANGI KERUGIAN - SEKILAS BISNIS



CARA CERDAS MENGELOLA PIUTANG UNTUK MENGURANGI KERUGIAN

1.  Perusahan yang memiliki pelanggan banyak,  disarankan menggunakan sistem 5K/5C untuk memperkecil resiko terjadinya piutang bermaslah yaitu: Character, Capacity, Capital, Collateral, dan Conditions.

2.  Lakukanlah pengendalian penjualan dan pengendalian kredit. Contonya: perusahaan memberikan kembali kesempatan untuk membeli barang atau kredit kepada pelanggan sebelum melebihi jatuh tempo.

3.  Menjual produk berkualitas tinggi dan sesuai standar kepada pembeli. Apabila perusahaan memaksakan menjual barang yang tidak laku atau barang kualitas rendah ke pasar akhirnya barang kembali diretur atau berakibat lainnya, sehingga pelanggan enggan menyelesaikan piutang dengan alasan produk yang dipesan tidak sesuai dengan janji penjual.

4.  Memperkecil resiko produk yang rusak atau gagal. Agar memperkecil kerugian. Penjual harus teliti dalam melakukan produksi.

5.  Lakukan pencatatan secara benar dan teliti dengan piutang pelanggan. Dan lakukan perjanjian pembayaran sesuai jatuh tempo antara konsumen dan produsen.

Comments

Popular Posts