BENTUK-BENTUK ORGANISASI PERUSAHAAN - SEKILAS BISNIS



BENTUK-BENTUK ORGANISASI PERUSAHAAN


Bagaimana bentuk organisasi yang paling baik untuk jalannya perusahaan?Masing-masing dari bentuk organisasi memiliki kekuatan dan kelemahan mari kita bahas satu persatu :

ü  Organisasi fungsional :
Ini adalah khas perusahaan lini lama, efisien dan dasarnya baik; terutama tidak kreatif dan kewirausahaan, tidak cepat menyesuaikan, dan teristimewa sering salah menanggapi perubahan-perubahan besar.

ü Organisasi divisional :
Dapat melakukan hal-hal dasar dengan memadai, dan biasanya lebih dapat menyesuaikan diri daripada organisasi fungsional.Tapi divisi-divisi selalu menjadi terlalu besar , divisi-divisi yang besar semua masalah yang ditimbulkan oleh struktur fungsional yang kebesaran. Pada organisasi divisional sering tercampur dalam segala macam kegiatan yang terpusat dan didesentralisasikan.

ü Organisasi misioner :
Memberi kemantapan pada cara-cara nonstruktural. Bila diuji sebagaimana dalam teori, dengan cukup banyak eksperimentasi dalam perangkat nilai, semuanya akan berlangsung baik.

Divisi organisasi yang memberikan bentuk sederhana yang melandasi pada bentuk umumnya seharusnyalah divisi yang bersadarkan produk, dan bahwa struktur organisasi lama serta sederhana yang didivisionalisasi bisa dinyatakan bentuk yang paling baik jadinya – sekarang dan untuk masa depan.

Ada hal yang menggambarkan sifat-sifat struktur organisasi yang potensial untuk menghadapi ancaman-ancaman besar. Bentuk struktural tersebut dibagi menjadi 3 bagian yaitu pilar stabilitas, pilar kewirausahaan, dan menghentikan kebiasaan lama dan beralih perhatian. Ketiga pilar ini adalah jawaban dari macam-macam penyakit yang timbul pada struktur matriks. Pada keseluruhan ini juga cocok untuk sistem-sistem pengelolaan perusahaan unggul.


Comments

Popular Posts