Lomba Blogger ULF 2017-“More Than Just a Library“


TEMA   : MORE THAN JUST A LIBRARY

JUDUL  : MODERN LIBRARY

 

                 SKETSA PERPUS



                   Apa yang ada di benak anda jika mendengar kata perpustakan?

Sebuah ruangan yang penuh dengan buku bacaan tentang pengetahuan yang membosankan atau sebuah ruangan yang penuh dengan buku bacaan dimana terdapat kenyamanan, tempat menuangkan ide-ide dan gagasan? Saya akan lebih memilih no.2 jika benar diperpustakaan menjadi tempat seperti itu. Jika anda orang yang tidak suka membaca anda pasti akan memilih no.1. Untuk itu perlu adanya audio visual yang dapat dijadikan alat  untuk pembelajaran bagi kalian yang tidak suka dengan bahan bacaan. Karena itu alangkah bagusnya jika perpustakaan terdapat audio visual.

Saat ini perpustakaan menjadi sebuah tempat yang diwajibkan untuk sunyi dan sepi. Tidak boleh ada suara bising yang terdengar dan suara teriakan di dalam ruang tersebut. Tetapi menurut penelitian musik dapat membantu merangsang kecerdasan manusia. Saya sering diajak ke toko buku di dekat rumah, di dalam toko tersebut terdapat suara musik klasik yang membuat saya betah dan nyaman berlama-lama berada ditoko buku. Dari pengalaman saya tadi, saya menganjurkan untuk memutar musik klasik di dalam ruangan perpustakaan. Mungkin ini adalah sebuah ide yang konyol dan menentang peraturan perpustakaan selama ini, untuk tidak mengeluarkan suara bising. Tetapi musik dapat membantu otak kita untuk lebih mudah menyerap buku yang kita baca dan meningkatkan kecerdasan.

Selain itu tembok-tembok perpustakaan juga harus diberikan sedikit sentuhan art dan menggunakan barang-barang bekas untuk menambah cantik ruangan. Seperti ban bekas untuk tempat duduk atau meja yang terbuat dari drum bekas. Tambahan lukisan juga dapat menambah cantik ruangan perpustakaan. Dan hiasan lampu gantung dari barang yang tidak terpakai untuk mempercantik ruangan perpustakaan.

Susunan rak buku juga akan mempengaruhi ruangan terlihat besar atau kecil. Karena itu rak harus disusun secara gantung di tembok-tembok untuk buku-buku tertentu. Rak gantung dapat dibuat dari bahan murah, seperti paralon contohnya. Lebih cantik lagi jika pada bagian bawah lantai dilapisi dengan karpet rumput agar lebih nyaman. Pepohonan yang di dalam pot juga dapat ditambahkan pada bagian tertentu ruangan perpustakaan agar memberi kesan sejuk.

            Konsep seperti apa sebenarnya yang saya sarankan saat ini. Konsep minimalis dan bergaya modern untuk membuat sebuah ruangan tampak indah. Dengan tambahan hiasan  berupa daur ulang barang bekas dan bahan yang sudah tidak terpakai lagi untuk mempercantik ruangan perpustakaan. Semoga ide saya ini dapat memberi inspirasi bagaimana menata ruangan yang sempit dan kecil menjadi terlihat besar dan nyaman.

 

Comments

Popular Posts